Mengenang Raung! (Part 2)

Sambungan...

Turun dari puncak adalah momen paling menegangkan. Salah pijak bisa-bisa masuk jatoh ke jurang. Dengkul juga extra ngerem. Kalo lari jatohnya ntar gabisa ngerem, dan bisa-bisa ngglundung tanpa jejak. Setelah jalan pelan-pelan dan berhasil kembali ke pos 6 dengan lengkap dan selamat (Alhamdulillah), kita langsung bergegas packing, karna sehari ini (hari terakhir) target kita pokoknya harus turun sampe ke perkampungan. Karena nggak mungkin banget harus ngecamp lagi sementara logistik udah bersih. Waktu itu akhirnya kami memutuskan Mas Al dan Wens harus berangkat lebih dulu kebawah, disusul Aku dan Dina, kemudian dibelakang masih ada Nasrul dan Hamid. Keputusan itu muncul karena Mas Al dan Wens yang bisa jalan lebih cepet dari kami, kemungkinan pasti bakal sampe duluan di kampung dan mereka bisa balik lagi buat ngambilin kita semua air.
Itu semua rencana yang kita buat, tapi ekspektasi jauh lebih mengerikan.
Itu bener-bener pertama kali, khususnya mungkin buat aku pribadi, naik ke puncak sampe turun yang dalam jangka waktu sekitar 6 jaman tanpa disokong air mineral. Mereka juga sama. Air kita habis kan waktu dipuncak. Cuaca juga terik dan gak ada hujan. Sumber mata air apalagi, dari awal kita juga udah tau kalo di jalur ini gak ada sumber air sama sekali.
Pos demi pos kita lewati rasanya jauuuuuh bener enggak sampek-sampek. Aku tiba-tiba jadi jalan berdua aja sama dina, nengok belakang, Nasrul sama Hamid udah nggak kelihatan. Lihat depan Mas Al sama Wens juga pasti udah jauh dan hilang.
Kita berdua sambil kehausan tetap mencoba cerita apa saja yang bisa diobrolin. Biar kesadaran tetap ada dan nggak tiba-tiba pingsan karena udah dehidrasi berat.
Sampe akhirnya kita berdua memutuskan untuk nungguin Nasrul dan Hamid dibelakang, sambil berharap mungkin aja kan mereka nemu sumber air meskipun cuma setetes setetes kaya sumber maninya kalimati semeru. Waktu itu kita nungguin masih diatas pos 2. Sementara jarak dari pos 2 ke perkampungan adalah sehari (itu waktu kita berangkat). Udah kebayang banget nggak bisa nerusin perjalanan ini sampe kebawah.
Nggak lama nungguin Nasrul dan Hamid, tiba-tiba mereka kembali muncul dengan lengkap (Alhamdulillah lagi). Sambil ngosngosan mereka juga nanya apakah kita berdua dapet air. Spontan ngakak, karena yah jawabannya bakal sama kaya pertanyaan mereka. Yang ada malah kita berdua ngembaliin pertanyaan itu.
Kita berempat akhirnya meneruskan perjalanan lagi. Kali ini agak lega sih. Seenggaknya pikiran nggak sanggup turun itu tiba-tiba hilang kalo perjalanan jadi rame.

Pic : Duduk-duduk di puncak memantau trek jalan pulang

Ditengah perjalanan mendekati pos 1, Nasrul dan Hamid tiba-tiba cerita kalo mereka terpaksa minum urin (air kencing) mereka sendiri waktu masih diatas sebelum akhirnya ketemu Aku dan Dina. Terkejut kita berdua, speechles tapi kemudian ngakak. Lahh, kok bisa? hahahah
Pikiran mereka udah kemana-kemana, daripada terjadi hal yang enggak-enggak, mending mereka menyelamatkan diri sendiri katanya. Akupun nanya gimana caranya, masa iya langsung diminum dengan bau pesing yang ngebayanginnya aja mau muntah. Aduuhh pliss deh, kalau bisa digambarin nih, udah pasti bakal aku kasih emot muntah yang banyak disini.
Mereka saring urin pake kain baju mereka katanya, terus dimasukkin botol dan sambil ngebayangin itu air mineral, mereka menenguknya.
Tentu saja pilihan itu udah dibuat sebelum mencoba berbagai cara mendapatkan air. Mulai dari menyaring dari pohon-pohon tapi gak dapet karena emang lagi kemarau sampe mentelengi daun daun rimbun barangkali ada embun disana. Naik ke raung ini jauh lebih extreme dibanding ke Arjuno yang sama-sama gak ada air waktu mau ke puncak. Tapi di Arjuno masih ada sumber air di Mangkutoromo.
Sambil tetep mengulik cerita insiden urin itu, kami berempat akhirnya sampe di Pos 1. Harapan besar kami melihat penampakan Mas Al dan Wens seketika runtuh. Pos 1 masih sepi, tidak ada orang sama sekali. Ingin menangis tapi gak mungkin juga mau minum air mata sendiri. Kalo lihat buntir air kan jadi nggak karu-karuan pastinya.
Kita berempat memutuskan untuk istirahat ssebentar. Waktu itu jam udah nunjukin pukul 15.00 yang berarti udah hampir gelap dong.
Nggak ada logistik, nggak ada sinyal. batrai handpone juga habis dan jauh lebih nggak bisa diandelin waktu itu. Karena udah capek banget, kita memutuskan turn lagi dengan pelan-pelan. Nggak lama kemudian, Aku dan Dina kembali jalan sendirian. Nasrul dan Hamid nggak terlihat. Kami terus fokus jalan sambil nggak berharap lagi Mas Al dan Wens bakal naik.
Tiba-tiba aja waktu keenakan jalan, Mas Al muncul sambil menggendong air. Aduh bagaikan malaikat, Mas Al beneran balik dong, waktu itu bener-bener terharu. Tentu saja terharu karna bisa melihat air mineral lagi hahaha
Mas Al kemudian nanyain Nasrul dan Hamid setelah kita lega akhirnya bisa minum air. Mas Al bilang, Aku dan Dina harus jalan lagi, nanti pasti sampai, sementara dia mau naik lagi nyari Nasrul dan Hamid. Kita berdua pun nurut karena udah tersupport air beberapa tegukan, jadi semangat lagi, membara lagi.
Sampe di kebun kopi Aku dan Dina mulai mendenger suara motor dari kejauhan. Dan setelah sampe agak deket, Ya Allah ternyata Wens naik motor buat menjemput kita berdua. Hiks. Terharu.
Drama dehridrasi akhirnya tamat, Aku, Dina dan Wens motoran sampe ke perkampungan. Sambil menunggu Mas Al, Nasrul dan Hamid, kami disambut sarapan sore. Sarapannya tentu saja disajikan oleh penduduk sekitar. MasyaAllah, bener-bener terharu lagi. Kok ada penduduk sepeduli ini.
Ketika mereka bertiga akhirnya turun dengan ceria, kami bersih-bersih dan sarapan bersama. Tak lama kemudian kita langsung pamit pulang karena udah menjelang malem. Jalanan pasti agak sepi dan gak kelihatan.
Begitulah pengalaman kami naik ke Gunung paling Extreme se-Jawa, hihi
Yah meskipun nggak via Kalibaru, ternyata lewat sini juga ada tantangan dan persiapan yang bener-bener matang. Namanya juga naik gunung. Selalu ada pelajaran dan pengalaman yang bisa dipetik, padahan cuman jalan loh, hehe Ngga percaya jalan aja bisa dapet pengalaman? Coba deh, cobain sesekali jalan-jalan ke gunung gunung. Barangkali kita bisa bertemu.....