Track Terpanjang : Argopuro (Part 2)

 Minta dipisah karna banyak…

Istirahat adalah perlu, tapi nggak perlu di lama-lamain karena sebenernya kita udah ditunggu ‘puncak’. Nggak perlu di cepet-cepetin juga sih, karna katanya yang penting itu justru di PERJALANANNYA. Jam stengah 2 kita udah mencapai ‘cemoro limo’ meski sebelumnya sempet krisis air dan mesti ngode mas-mas yang lagi cari air di tempat extreme, karna mas-masku kayanya ngga mau susah cari air, atau capek mungkin nama lainnya. Setelah ‘cemoro limo’ beruntunglah kita bisa ketemu lutung kasarung jelmaan jaka tingkir dan jaka tarub yang ganteng, beginilah kalau kamu ketemu banyak cowok ganteng di gunung tapi cuman bisa liatin doang. Hahaha. Tapi kali ini beneran namanya lutung kasarung temen-temen. Amazing bisa lihat mereka tetep eksis dibelantara pengunungan yang emang suaka marga satwa. Semoga kalian diberi umur panjang ya tung, biar apa? Biar Indonesia nggak kehilangan spesies berharga like as Harimau Jawa, Orang Hutan, dan spesies lainnya. Biarlah kudo’akan yang jahat ke kalian bisa masuk neraka. Hahah.



Pic: Tepar di cemoro limo

Habis itu kita melewati tanjakan yang nanjak banget subhanallah allahuakbar hingga membuat aku ngglundung sampe aku diketawain bodiguard-bodiguardku, jahat mereka. Nggak tau juga kenapa aku masih inget kejadian ini. Ceritanya nih, aku mau lewatin kayu yang besar, tapi aku sok kuat jadinya aku nggak peduli usulan bantuan dari bodiguardku, makanya cewek jangan sok kuat-katanya laki-laki lagi. Hahaha. Jadilah kesombongan itu membuat diriku jungkir balik gak karuan, dan tentu saja mereka menang, sambil ketawa jahat. 4 jam berlalu setelah momen memalukan tersebut, ternyata didepan mata udah kelihatan ‘sabana lonceng’. Gak berhenti ngucapin MasyaAllah rasanya waktu itu. Kereners banget, benget, bengettt, Indahnya udah gak ada duanya. Rasanya gak sia-sia keblowok bahkan ngglundung dari 4 jam yang berlalu barusan.

Pic : Tanjakan dengan kemiringan kaya 90 derajat

Bagaikan rombongan teletubies kita hampir berlarian melewati ‘sabana lonceng’ yang luas tak terbatas. Sabana lonceng adalah sabana pertama yang kami temui selama nanjak sehari semalem. Mungkin wajar bagi kami sangat bahagia karena baru pertama kali melewati ‘the real tanah yang datar’, yahh, tentu saja karena udah sehari tracknya nanjak terus. Bonus bonuss yang menyenangkan. Sampe di ‘sabana lonceng’ juga pertanda kalau sebenernya kita udah bisa kepuncak saat itu juga. Tapi karena kesorean jadinya kita bakal mendirikan tenda disini dulu.

Pic : Teletubis di Sabana Lonceng

Akhirnyaaaa, besok paginya adalah hari yang udah kita tungguin karena ini itungannya udah hari ketiga semenjak nanjak argopuro. Yahh, hari ketiga dimana rencananya mau naik ke puncak, yess!!!

Tapi begitu melek dan membuka resleting tenda, boro-boro mau ketawa ngakak, yang ada malah ketetesan air hujan yang datang tanpa diundang. Dan yahh, karena kita sedang dipedalaman dan ngga tau ramalan cuaca, dihari H kita malah kehujanan. Mood berubah banget, dari yang bangun awal langsung buka tenda, jadi narik SB melungker lagi. Apa itu sunrise? Apa itu puncak yang indah? Rasanya semua tertutup air hujan yang menggenang.

Sementara diriku melungker lagi, dua manusia laki-laki disebelahku malah makan biskuit sambil ngakak-ngakak dan berdoa macem-macem smoga hujannya reda. Dan yah gak lama kemudian, sekitar jam 7, hujan emang bener-bener berhenti. Kayanya harus ngakak sambil makan biskuit dulu biar hujannya berhenti. Mungkin harus positive thinking terus lah. Begitu hujan berhenti kita langsung tancap gas ke Puncak Rengganis. Sat set war wer, sluman slumun dan yaaah, pengen ngakak setelah tau, ternyata ke Puncak Rengganis cuma butuh waktu 15 menit doang dari sabana lonceng. Ada dipuncak juga ngga langsung bisa menikmati pemandangan karna mesti antri dulu sambil melihat rombongan mas-mas berselvi ria tepat di atas batu di puncak rengganis. Momen yang ngga bisa dilupain, bagaikan ngantri sembako, meski ini cuma ngantri foto doang hahah.

Setelah puas di Puncak Rengganis, kita turun dan naik lagi ke puncak selanjutnya, Puncak Argopuro. Jadi Puncak rengganis dan argopuro beda yah teman-teman. Naik Argopuro ini ibarat mendayung sekali tapi dua tiga pulau terlampaui, yang artinya yah kita dapet puncak banyak disini.

Ke Puncak Argopuro juga ternyata nggak ada setengah jam udah sampe aja, sampe kaya yang linglung, ini beneran apa enggak hahahah. Puncak Argopuro lebih keren dari rengganis. Mungkin karena dia memiliki aura sentral ya. Ya ampun udah kayak girlband, ada aura centre segala. Siapapun kan pasti ngejarnya Puncak utama. Didominasi bebatuan dan pohon kering gak ada daunnya. Jadi berasa kaya di dongeng-dongeng gitu, meskipun gatau dongeng yang mana, yah pokoknya itu wkwk.


Pic : Puncak Argopuro

Pic : Puncak Hyang

Setelah puas memandang dan menikmati, kita lanjut ke puncak Arca dan Puncak Hyang, yang lokasinya cuman naik sedikit dari puncak Argopuro. Karna Argopuro masih hutan lindung dan suaka marga satwa, jadinya di Puncak Hyang kita masih bisa menemukan patung-patung dan arca yang terbuat dari batu. Memori sejarah yang melekat dan sempat membuat merinding.

Setelah puas menikmati bonus, kita melenggang turun dan segera packing. Waktu itu masih siang sekitar jam 12. Rencananya kita bakal lanjut terus sampe basecamp bawah, alias basecamp baderan (Daerah ini terletak di Situbondo) Sok kuat banget ya hahah. Setelah berangkat dari sabana lonceng, kita ketemu ‘rawa embik’ dan ambil air di sungainya. Inget gais, disini gak ada embik beneran. Gak kayak ladang perternakan yang ada dombanya gitu. Aku sebenernya penasaran kenapa namanya rawa embik, apakah dulu ada embik di dalam rawa? Atau rawanya mengeluarkan suara embik? Hmmm tapi yah, dimanapun gunungnya, memang pos-posan ini selalu unik. Ada nama sendiri, ada sejarahnya sendiri. Jadi daripada overthiking, aku lebih baik menikmatinya saja (daripada perutku tiba-tiba mengembik kelaparan)

Jam menunjukkan pukul 2 siang. Dari rawa embik kita terus turun dan nggak istirahat. Track udah didominasi sabana. Jadi rasanya kaki udah ugal-ugalan mau lari karena ketemunya sabana-sabana dan dataran terus. Girang dong kita. Berasa di film Jurassic park, masuk hutan keluar disambut sabana, hutan bentar sabana lagi, gitu terus sampe kita akhirnya nyampek di Cisentor. Disini kita bahagia, bagaikan ketemu harta karun karena ketemu ‘JANCUKAN’. Sengaja banget di capslok biar salah paham hahaha. Jancukan adalah tumbuhan yang gatau kenapa namanya jadi jancukan wkwk. Mungkin karna dia bikin gatel kalo disentuh, jadi sampe bikin yang menyentuh ingin berkata kasar. Di daerah lain tumbuhan ini juga biasanya diebut daun gatal. Sayang enggak ada fotonya waktu itu, karna emang diniatin sih. Biar suatu saat ada alasan buat balik lagi kesini, hehe. Di cisentor kita mandi tipis-tipis, atau bisa dibilang cuma cuci muka dan gosok gigi, karena udah sorean. Anggep aja mandi sore ya…

Pic : Slonjoran di Cisentor

Setelah dari cisentor kita jalan lagi dan sampe di Cikasur. Cisentor ke Cikasur juga didominasi sabana, sama sekali gak ada tanjakkan yang bikin menangis. Dengan perjalanan normal 4 jam kita baru sampe di cikasur. Pertama kali sampe di cikasur, berasa gak mau ngcamp. Udah datengnya bada’ magrib, tempatnya juga agak horror. Yah meskipun kayanya itu cuma buat aku aja yang cewe sendiri. Bayangin, di cikasur tuh ada satu pohon gede banget dan itu ditengah-tengah sabana. Kaya yang di film-film horror gitu. Melihatnya dari jauh, kaki udah berasa lemes. Ada juga sebuah bangunan yang mirip rumah kosong, lokasinya sebelum pohon besar ditengah itu. Tapi begitu sampe depan dan mikir panjang untuk bangun alas tidur disitu kayaknya semua pada geleng-geleng enggak banget. Apalagi aku. Menurutku lebih baik dibawah pohon ajade.

Sampe dibawah pohon ada satu buah tenda yang udah berdiri dan rombongan bapak-bapak yang lagi makan malam. Setelah menyapa mereka, tentu saja agenda kita juga mendirikan tenda dan yak, sholat, langsung berangkat tidur. Tanpa makan, karena stok persediaan air menipis.

Begitu subuh, rombongan bapak-bapak sebelah kami sudah semangat banget mau turun dan packing-packing. Sementara kami menggeleyot mager, mau masak dan makan dulu.


Pic : Cikasurrrrr

Berhubung udah hari terakhir, jadi kita masak semua persediaan makanan kita, emi lah, sosis lah, telur, dan sayur mayur milik abang Al (map dari awal tidak menyebut nama) yang aku geli mau ngicipin karena isinya campur bawur. Air minum kita juga udah kering kerontang, menyisakan kahusan. Semaleman saya nyuruh 3 orang penanggungjawab ini nyari air tapi kata mereka gak ada sumber air lagi. Wasalam deh, habis makan seret banget bakalan.

Setelah kekenyangan akhirnya jam 10 kita dah beres mau berangkat lagi. Gak ada juga 5 menit otw dari cikasur, tiba-tiba didepan mata…

Membentang sungai jenih nan luas dan penuh dengan selada air,

Wahh gilasihh, kenapa? Kenapa? Kenapa engga tadi-tadi ajaaa, mana udah deket banget dari cikasur, semua juga udah pasang tampang kekeringan. Ininih efek gelap gulita diantara sabana yang membentang bekas penjajahan wkwk jadi semalem mungkin nampak jauh lebih horror dari pagi ini. Padahal nih, cikasur kalo sepagi ini keren bangett, aduh udah gamau pulang rasanya. Pengen banget berlama-lama menikmati sabana ijo dan luas banget.

Begitu melihat sumber kehidupan, semua pada lari ngibrit kaya ketemu rumah masing-masing. Langsung cuci muka, sikat gigi dan tentu saja minum airnya hehe bagian yang bersih ya tentunya. Waktu itu Mas Al mungkin penasaran dengan jarak tempuh yang bakal kita lewati, jadi beliau nanya ke sesama pendaki yang sedari tadi udah duluan nyampe disitu. Mereka dari arah berlawanan, dan mungkin akan lintas arah juga sama seperti kami, Cuma jalurnya aja dibalik. Kira-kira seperti ini percakapan mereka…

Mas Al                    : “Baderan jauh bang?”

Mas Pendaki lain    : “Wah, jauuuh, kita sampe 2 hari baru nyampek sini ini”

Seketika mas pendaki bilang seperti itu, aku dan tentu dua teman yang lain yang awalnya cekikikan gara gara euphoria ketemu air jadi langsung diem, enggak percaya dong…

Nasrul                     : “Ah masa mas?” emang ya si Nasrul ini, ceplas ceplos aja…

Mas Pendaki lain    : “ Iya, Jalannya kecil banget pula, kaya bekas ojek gitu, bekas ban motor lewat.

             Nanti kira-kira pasti jam 2 itu kalian baru sampe di mata air 2”

Wahhh ini lebih gilaaa sih. Mas pendakinya ngobrolnya serius, gak ada unsur boongan. Buat apa juga mereka boong kan. Pikiran udah mulai terbang kemana mana nih. Lah Mas Al, Nasrul, sama Hamid (Yang akhirnya ketiganya kusebut nama) malah ngakak-ngakak tetap bahagia, nggak percaya sebenernya sama omongan mereka, iya saya juga begitu sih. 

Mas Pendaki lain    : “Nanti Mbaknya ngojek aja, kasian, jalannya kecil”

Malah ganti saya yang ngakak begitu mas pendaki nambahin pesan-pesan buat saya. Setelahnya saya dan ketiga bodyguard saya langsung gercep angkat carrier dan semangat banget pengen membuktikan bahwa Baderan masih bener-bener jauh. Dengan bekal air minum yang secukupnya akhirnya kita mulai jalan lagi. Ketemu hamparan sabana lagi, sampek bosen pokoknya dapet sabana terus hehe, tapi gak apa-apa, enak landai, hihi. Sambil ngelewatin sabana, kita nyalip romobongan demi rombongan. Saking semangatnya, kita langsung tancap gas nggak pake istirahat hingga nggak berasa tiba-tiba naik lagi ke bukit.

Sekarang jalan mulai nanjak lagi. Lama-kelamaan jadi fakta juga yang dibicarain mas pendaki di Cikasur tadi. Jalannya kecil banget, seukuran satu sepeda motor. Becek dimana-mana karena habis diguyur hujan. Naik turun jalannya lama-lama nyebelin juga hahah. Naik susah, mrusut terus. Turun makin susah, dengkul ngerem terus takut njlungkir ngglundung kaya Hamid hahah. Waktu itu jalan rasanya semangat banget. Halangan apapun rasanya langsung dilewatin aja. Enggak peduli dengkul lemes. Sekitar jam 2, kita beneran sampe di Pos ‘Mata Air 2’. Wahh, beneran engga bohong berarti masnya.

Kita berhenti sebentar, terus jalan lagi. Sepanjang jalan rasanya kami berempat nyerocos terus. Yang jalan paling menantang lah, track paling nyebelin, bikin kesel, bikin guling-guling prosotan. Mungkin waktu itu habis kena hujan ya, nggak tau kalau hari biasa. Bisa jadi mungkin nggak bakal sekesel ini kayaknya. Turun dari ‘mata air 2’ jalanan mulai curam kebawah terus. Nggak ada landai, nggak ada tanjakan. Menurut kalian nih, enak naik apa turun? Yah mending enak landai sih ya hehe.

Jalanan makin becek dan gak lama setelahnya hujan pun kembali turun. Yes!!! Ditengah kaki yang mati-matian ngerem, tiba-tiba kita diguyur hujan. Sambil nggak peduli, kita terus melangkah. Malah makin semangat. Makin pelan makin sakit ke kaki soalnya.

Nggak lama kita jalan, kita ketemu lagi dengan rombongan bapak-bapak yang camping deket tenda kita di Cikasur. Wihiy, asik kita udah bisa nyalip mereka yang berangkat 3 jam lebih awal. Ngoyo banget berarti kita daritadi. Nggak berasa yah. Sekitar pukul 15.00, kita udah bisa melihat kebun penduduk. Dengan kondisi basah kuyub (karna nggak pake jas hujan) dan nggak mandi selama 4 hari, menahan BAB selama 4 hari jugak, menahan keselnya kaki, kita tetep terus lanjut berjalan. Dengan semangat makin membara, karena berasa udah deket banget. “Ayo kampunng berarti bentar lagi” selalu ngebatin gitu dalam hati.

Jalan, jalan, jalan terus…kok lama nggak sampe-sampe. Basecamp nggak kelihatan sama sekali. Padahal jalan udah mulai lebar, bener-bener udah masuk hawa perkampungan sih, cuma kanan kiri masih pure kebun, nggak ada rumah satupun. Lihat kedepan juga masih nggak ada rumah.  Yang ada cuma track yang berupa jalan setapak dengan batu gragal (makadam) yang nggak berujung. Waktu itu rasanya pengen nangis, nahan basahnya hujan yang nggak berhenti dan makin deres, nahan pipis bahkan BAB, nahan kaki nyeri. Akhirnya saya dan Nasrul mulai lari. Udah ngga tahan banget hahah.

Setelah kurang lebih sekitar 1 jam, lari dan jalan cepet, kita akhirnya bener-bener sampe di Basecamp. Aku yang datang diurutan pertama langsung berhasil mengambil posisi memegang pintu kamar mandi paling awal, hahah. Langsung mandi, bersih-bersih seluruhnya.

Jam nunjukin pukul 17.00 waktu kita sampe di Basecamp Baderan.

Selesai bersih-bersih, kita langsung ngojek turun ke Besuki untuk naik bis arah Probolinggo. Baderan ke Basuki waktu itu kami tempuh sekitar 1 jam dengan biaya ojek 20.000. Pengeluaran bisa diminimalisir dengan naik angkot sebenernya. Tapi karena udah sore, angkotnya udah gak ada yang beroprasi.

Setelah naik bis, perjalanan ternyata udah selesai. Yah kita bener-bener pulang kembali ke tempat masing-masing.

Argopuro adalah gunung dengan Track terpanjang paling De Best. Bisa bikin yang pendiem jadi banyakan bicara. Bisa bikin bodo amat sama yang namanya capek. Dan bikin rasa kekeluargaan makin kentel karna harus di gunung bareng-bareng selama total 5 hari perjalanan. Semoga suatu saat bisa melihat keindahan track argopuro lagi…dan tentu saja sambil bahagia, lupa mengingat perihnya.. hehehe 

Selesai.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sayangi masa depan dengan Prive Uri-Cran

Suka Duka Dan Petualangan

JANGAN BERHENTI! REVOLUSIMU BELUM BERHENTI!